Cara memutuskan Indihome agar tidak berlangganan lagi bisa dilakukan dengan beberapa opsi yang telah disediakan.
Dan proses pemutusan layanan ini biasanya memiliki ketentuan tertentu yang perlu dipahami agar tidak terkena denda atau masalah administrative.
Makanya mengetahui hal seperti ini termasuk penting. Apalagi IndiHome merupakan salah satu layanan internet paling populer di Indonesia.
Jadi sudah pasti banyak yang pernah mencobanya termasuk kamu bukan?
Contents
Alasan Memutuskan Layanan IndiHome

Yah, meskipun Layanan Indihome termasuk yang populer dan disukai. Namun kadang kala ada juga yang tidak puas dan memutuskan ingin menghentikan layananannya.
Nah terkait dengan alasan kenapa beberapa orang ingin memutuskan layanan tersebut, kamu perlu melihat ke informasi yang akan admin bagikan dibawah ini.
Jadi nanti bisa tahu, apakah alasan yang Anda rasakan ini sama dengan yang lain rasakan atau tidak.
- Biaya langganan yang mahal dibandingkan alternatif Provider lain
- Kualitas jaringan tidak stabil diwilayah yang ditinggali
- Sering mengalami gangguan sinyal
- Pindah tempat tinggal ke area yang tidak terjangkau oleh jaringan IndiHome
- Menggunakan layanan internet lain yang lebih sesuai sama kebutuhan
Umumnya itulah beberapa alasan yang dipakai oleh beberapa orang ketika memutuskan ingin menghentikan layanan internet Indihome atau malah pemutusan jaringan Indihome secara total.
Syarat dan Ketentuan Berhenti Berlangganan IndiHome
Sebelum mengetahui bagaimana cara memutuskan Indihome yang benar, pelanggan perlu mengetahui apa saja syarat dan ketentuan yang berlaku.
Ini dilakukan guna menghindari adanya kegagalan saat proses berhenti langganan Indihome sedang berlangsung.
Jadi silahkan ketahui syarat dan ketentuan berikut.
1. Pengguna Harus Melunasi Semua Tagihan Hingga Bulan Berjalan
Sebelum pelanggan mempraktekan cara memutuskan Indihome diatas, pastikan kalau semua tagihan terhadap layanan yang akan diputus telah dilunasi.
2. Jika Masih Dalam Masa Kontrak, Mungkin Dikenakan Biaya Terminasi
Untuk menghindari adanya biaya terminasi, ada baiknya ajukan penghentian saat masa kontrak langganan akan berakhir.
3. Perangkat Seperti Modem Dan STB Harus Dikembalikan Ke Telkom
Bagi pelanggan yang perangkatnya dapat gratis dari pihak Telkomsel Indihome, maka saat berhenti berlangganan wajib mengembalikan perangkat tersebut ke mereka.
4. Pengajuan Pemutusan Bisa Dilakukan Melalui Kantor Telkom Terdekat Atau Layanan Pelanggan
Tempat pengajuan bisa dilakukan secara offline melalui kantor Telkom terdekat maupun secara online melalui layanan pelanggan sesuai area.
Panduan Cara Memutuskan Indihome Yang Benar
Sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku, cara memutuskan Indihome itu bisa dilakukan dengan beragam cara.
Jadi bagi mereka yang ingin tahu bisa cek penjelasan berikut.
Cara Memutuskan IndiHome Melalui Plasa Telkom
- Langkah pertama, kunjungi Plasa Telkom terdekat dengan membawa KTP dan nomor pelanggan Indihome
- Ambil nomor antrean atau tanyakan ke petugas
- Kalau sudah dapat bagian, utarakan kalau Anda ingin “Berhenti Berlangganan”
- Serahkan dokumen yang diperlukan dan isi formulir pemutusan
- Kalau sudah disuruh, kembalikan perangkat IndiHome yang digunakan
- Tunggu proses verifikasi, umumnya berlangsung dalam beberapa hari kerja
Cara Memutuskan IndiHome via Call Center IndiHome
Bagi yang tidak punya cukup waktu, Anda bisa mengajukan pemutusan jaringan Indihome melalui layanan pelanggan Call Center di nomor 147.
- Telepon 147
- Kemudian pilih layanan berhenti berlangganan
- Berikan informasi pelanggan dan alasan penghentian layanan sesuai permintaan petugas
- Tunggu instruksi mengenai penyelesaian tagihan dan pengembalian perangkat oleh petugas
Cara Memutuskan IndiHome via Aplikasi myIndiHome
- Pastikan masih punya data akun
- Kemudian buka dan Login ke aplikasi myIndiHome
- Pilih menu Bantuan
- Klik yang Pengajuan Berhenti Berlangganan
- Isi formulir pembatalan dan unggah dokumen sesuai yang disuruh
- Tunggu konfirmasi dari pihak IndiHome melalui email maupun telepon
Mudah sekali bukan?
Biaya Pemutusan dan Denda yang Mungkin Dikenakan
Secara umum, pelanggan yang berhenti berlangganan layanan Indihome sebelum memenuhi kontrak minimal 12 bulan akan dikenakan denda pengakhiran.
Dan untuk ketentuannya adalah apabila menunggak selama tiga bulan berturut-turut dan memutus layanan, pelanggan wajib membayar denda sebesar Rp1 juta sesuai ketentuan berlangganan IndiHome.
Lalu yang tidak boleh dilupakan juga adalah perangkat IndiHome yang tadinya diberikan wajib dikembalikan.
Sebab kalau tidak dikembalikan, pengguna bisa dikenakan biaya pengganti sesuai ketentuan yang berlaku.
Solusi Jika Mengalami Kendala Saat Memutuskan Layanan
Berbeda dengan langganan paket pada Provider HP, untuk pemasangan layanan besar semacam Wifi Indihome ini memiliki syarat dan ketentuan yang lebih ketat.
Termasuk soal pemutusan berlangganan yang umumnya bisa menyalahi kontrak, sehingga ini bisa mengakibatkan adanya kendala saat proses pengajuan.
Nah misalkan itu terjadi, maka ada beberapa solusi yang bisa kamu coba pakai.
- Apabila permintaan pemutusan ditolak, silahkan ajukan ulang dengan dokumen lengkap
- Jika ada masalah dengan proses penghentian layanan yang berindikasi kamu dirugikan, bisa hubungi Ombudsman atau Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)
- Apabila terkena tagihan tambahan di bulan berikutnya, pastikan ada mempunyai dokumen pemutusan resmi sebagai bukti komplain
Oh ya, mau lihat gak? Cara Reset Wifi Indihome yang benar itu bagaimana.
Kesimpulan
Ternyata proses penghentian IndiHome bisa dilakukan melalui beberapa cara, mulai dari mengajukan langsung di Plasa Telkom, menelpon call center, atau mengajukan di aplikasi myIndiHome.
Cuma sebelum Anda mengajukan, pastikan sudah melunasi tagihan dan mampu mengembalikan perangkat yang dipijamkan Indihome agar tidak terkena denda tambahan.
Terus kalau mengalami kendala, bisa menghubungi layanan pelanggan atau meminta bantuan lembaga perlindungan konsumen sesuai tingkat kendala yang dihadapi.
FAQ
Berapa lama proses pemutusan IndiHome berlangsung?
Proses pemutusan layanan IndiHome biasanya berlangsung cepat hanya dalam waktu 24 jam setelah pengajuan dilakukan dan proses pengambilan perangkat pinjaman akan dilakukan beberapa hari setelahnya.
Apakah ada denda jika berhenti sebelum kontrak selesai?
Ya, jika pelanggan memutuskan berhenti sebelum kontrak selesai, kemudian terbukti menunggak selama 3 bulan berturut-turut maka akan dikenai denda senilai 1 juta.
Bagaimana cara memastikan tagihan benar-benar dihentikan?
Langkah pertama pastikan Anda telah membayar semua tagihan yang ada dan membatalkan langganan yang tidak digunakan lagi. Lalu minta surat resmi yang menyatakan Anda sudah tidak berlanggan Indihome lagi.
Apakah bisa berhenti berlangganan tanpa ke Plasa Telkom?
Bisa, cara memutuskan Indihome tanpa ke Plasa Telkom bisa melalui layanan Call Center maupun myIndihome yang diunduh melalui ponsel Android maupun iPhone.
Kira kira itu saja yang dapat admin sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih.
Leave a Comment