Cara Komplain Indihome

Cara komplain Indihome dengan mudah dan cepat emang bisa dilakukan yah? Bagaimana caranya sih?

Indihome sebagai penyedia layanan internet terbesar di Indonesia telah memberikan media/ wadah bagi konsumen yang ingin mengadu tentang permasalahan yang dialami.

Adapun masalah yang dimaksud adalah yang bersifat umum dan sering dihadapi pelanggan. Misalnya internet lemot, gangguan koneksi, tagihan tidak sesuai, dll.

Jadi bagi mereka yang telah menjadi pelanggan Indihome, rasanya penting untuk mengetahui bagaimana cara komplain yang benar agar masalah yang dihadapi cepat diselesaikan.

Jenis Keluhan yang Bisa Diajukan ke Indihome

Cara Komplain Indihome

Sebelum pelanggan mengetahui bagaimana melakukan komplain yang benar, maka ada baiknya untuk tahu dulu jenis-jenis keluhan apa saja yang boleh diajukan.

Jadi nanti bisa tahu apakah hal yang kamu alami solusinya harus komplain atau malah cukup melakukan restart Wifi Indihome.

Oleh sebab itu, bagi yang mau tahu silahkan lihat penjelasan berikut.

1. Gangguan internet

Gangguan Internet yang dimaksud meliputi berbagai hal seperti lemot, putus-putus, tidak ada koneksi, dan beberapa gangguan umum lainnya.

2. Masalah Tagihan

Untuk masalah tagihan Indihome yang dimaksud meliputi tagihan tidak sesuai, denda tidak jelas, dan lain sebagainya.

3. Kerusakan Perangkat

Jika ada masalah kerusakan pada modem, STB TV error, maupun perangkat penyalur jaringan Indihome lainya, silahkan konsultasikan ke pihak Indihome.

4. Layanan Tambahan Tidak Berfungsi

Apabila pelanggan memiliki layanan tambahan seperti telepon rumah, TV kabel, dan lainya terus tidak berfungsi, maka bisa lakukan komplain.

5. Keluhan Terkait Customer Service Atau Teknisi

Jika ada keluhan terkait CS atau Teknisi, coba hubungi pihak Indihome untuk berkonsultasi.

Cara Komplain Indihome Secara Resmi

Cara Komplain Indihome

Setelah mengetahui jenis-jenis keluhan yang bisa diutarakan kepada pihak Indihome, maka langkah berikutnya adalah tinggal mengetahui bagaimana cara komplain Indihome yang benar secara resmi.

Cara Komplain Indihome Melalui Call Center Indihome

  • Siapkan telepon
  • Hubungi Nomor Call Center resmi Indihome di nomor 147
  • Perkenalkan diri dan utarakan maksud beserta tujuannya

Agar ketika menelpon tidak gugup, kalian bisa siapkan dahulu kalimat apa yang ingin diutarakan ketika menelpon.

Cara Komplain Indihome via Aplikasi MyIndiHome

Perlu kalian ketahui, ternyata mengajukan komplain melalui aplikasi MyIndihome bisa juga dilakukan loh.

Dan untuk Langkah-langkah mengajukan keluhan via aplikasi ini juga termasuk gampang. Cuma kalau memang bingung tata caranya, maka bisa coba ikuti panduan berikut.

  1. Pertama-tama masuk ke akun yang biasa digunakan
  2. Lalu cari Tab ‘Bantuan’
  3. Kemudian pada menu ini silakan pilih ‘Indira’
  4. Lanjut ambil menu lapor gangguan
  5. Jika sudah terhubung dengan operator, silakan membuat laporan masalah gangguan yang kamu alami

Cara Komplain Indihome via Komplain Media Sosial

Bagi yang lagi mencari Akun resmi Indihome untuk pengaduan di media sosial Twitter, Facebook, maupun Instagram, bisa cek informasi dibawah ini.

  • Twitter: @indiHome
  • Facebook: Indihome
  • Instagram: @indihomecare

Agar komplain bisa efektif dan cepat ditanggapi, silahkan lakukan komplain dengan bahasa yang santun dan utarakan permasalahan Anda secara jelas.

Atau kalau diutarakan menjadi seperti ini.

  • Buka akun media sosial yang akan dipakai
  • Kirim pesan pribadi (Direct Message/DM).
  • Sertakan informasi berupa nomor Indihome, nomor telepon aktif, alamat lengkap, dan foto bukti kendala (jika ada)

Mudah kan?

Cara Komplain Indihome di Plasa Telkom Terdekat

Untuk proses komplain secara langsung, Anda bisa mencari Lokasi Plasa Telkom terdekat menggunakan bantuan Google Maps.

Yang penting sebelum berangkat ke lokasinya, harap untuk membawa dokumen berupa ID Pelanggan Indihome (12 digit) dan Kartu Identitas Pelanggan (e-KTP).

Adapun dokumen tersebut nantinya akan digunakan untuk kebutuhan data. Jadi harap untuk dibawa agar prosesnya bisa dilaksanakan.

Sudah tahu belum? Bagaimana cara masuk ke WIfi Indihome langkah demi langkah.

Cara Komplain Indihome Melalui Email & Live Chat Website

Sementara itu, bagi pelanggan yang ingin memanfaatkan fitur email atau Web, bisa coba lakukan hal berikut.

Cara Komplain Indihome Melalui Email.

  1. Buka aplikasi email
  2. Buat email baru
  3. Masukkan alamat email [email protected]
  4. Tulis bagian “subjek email” dengan jelas, misalnya “Laporan Gangguan IndiHome”.
  5. Sampaikan laporan Anda secara ringkas dan jelas tidak bertele tele
  6. Sertakan juga informasi seperti nama lengkap, ID pelanggan, alamat, dan nomor telepon yang terdaftar di Indihome.
  7. Apabila perlu, lampirkan foto atau dokumen bukti
  8. Kirim email

Komplain via Live Chat WEB

  • Buka website IndiHome
  • Bisa Copay URL berikut “indihome.co.id/bantuan/indita”
  • Login dengan alamat email yang dimiliki
  • Buka jendela chat
  • Sampaikan laporan gangguan ke customer service
  • Ikuti percakapan dan ikuti petunjuk dari customer service yang bertugas

Solusi jika Komplain Indihome Jika Respons Lambat

Cara Komplain Indihome

Dalam beberapa kejadian, pelanggan ada yang mengalami lambatnya respon dari petugas Indihome saat melaporkan keluhannya.

Nah jika hal tersebut dialami juga oleh Anda, maka admin memberikan saran agar kalian bisa melakukan beberapa hal berikut ini.

  • Menghubungi teknisi lokal (dilakukan bagi mereka yang punya kontaknya)
  • Menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Lapor.go.id atau Consumer Complaint agar ditanggapi langsung oleh pihak Indihome
  • Melaporkan ke Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) jika masalahnya sangat serius dan bisa merugika materi yang besar

Tips Agar Komplain Indihome Cepat Ditanggapi

Agar Komplain yang kalian lontarkan dapat di tanggapi secara cepat, ada beberapa saran yang ingin admin bagikan. Dan itu adalah sebagai berikut.

  1. Gunakan bahasa yang jelas dan sopan
  2. Sertakan bukti lengkap (screenshot dan/ video dan/ nomor tiket laporan)
  3. Jika satu metode lambat, coba metode lain yang masih bisa kamu lakukan
  4. Gunakan jam operasional terbaik untuk menelepon atau chat agar tidak lama menunggu

FAQ 

Berapa lama waktu respon setelah komplain?

Waktu respons komplain Indihome sangat bervariasi tergantung cara komplain yang digunakan dan tingkat kerumitan masalahnya. Ada yang hitungan menit, jam, sampai hari. Untuk yang paling cepat bisa pakai Live Chat.

Apakah komplain ke Indihome dikenakan biaya?

Tidak, komplain ke Indihome bersifat gratis dan tidak dipungut biaya apapun.

Bagaimana jika komplain saya tidak ditanggapi?

Jika komplain tidak ditanggapi, Anda bisa gunaka metode lain yang belum dipakai. Terus apabila belum kunjung ditanggapi, Anda bisa mengadu ke layanan konsumen pihak ketiga seperti Mediakonsumen.

Apakah bisa minta kompensasi jika layanan terganggu?

Ya, namun sifat kompensasinya hanya bisa dilakukan sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku saat kontrak langganan.

Bagaimana cara cek status laporan komplain Indihome?

Secara umum, status terbaru akan diberitahukan melalui kontak yang telah tercatat dalam data (email, nomor HP, atau akun Indihome)

Kesimpulan

Untuk cara komplain Indihome yang paling kami rekomendasikan adalah melalui layanan Live Chat bagi mereka yang tidak bisa menyempatkan waktu.

Sedangkan bagi mereka yang punya banyak waktu luang maka bisa datang langsung ke Plasa Telkomsel terdekat.

Yang penting selalu simpan nomor tiket laporan untuk tindak lanjut dan gunakan Alternatif lain jika masalah tidak kunjung selesai.

Demikian informasi yang dapat admin bagikan, terimakasih.

Amrin INC

Pengalaman dalam bidang kepenuliasan pada niche teknologi lebih dari 2 tahun

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment