Pengaduan IndiHome

Pernah WiFi error? Tenang, tidak perlu panik. Kalian bisa langsung mengajukan Pengaduan IndiHome agar masalahmu cepat ditangani. Sebenarnya, langkah-langkah untuk mengajukannya sendiri cukup mudah, asal sudah tahu tutorialnya. 

Nah, agar prosesnya lebih lancar, simak penjelasan dibawah ini sampai selesai. Dengan begitu, pengaduan IndiHome kalian bisa ditangani dengan tepat.

Layanan Pengaduan IndiHome

Pengaduan IndiHome

Kebutuhan pelanggan untuk menyampaikan keluhan atau laporan gangguan di layanan IndiHome tentu sangatlah penting agar pengalaman internet kalian tetap lancar. 

Perlu diketahui, sejak akhir 2024 sampai awal 2025, ada beberapa pembaruan di platform pengaduan, misalnya migrasi aplikasi dan perubahan nomor call center. 

Jadi, penting untuk tahu perubahan ini agar tidak salah menghubungi nomor sehingga pengaduanmu bisa cepat ditangani. Adapun berikut sejumlah Layanan Pengaduan IndiHome yang bisa dihubungi :

1. Call Center 188

Layanan Pengaduan IndiHome pertama yakni Call Center di no 188, yang resmi menggantikan no 147 sejak 1 Februari 2025.

Layanan ini bisa kalian hubungi selama 24 jam penuh dan sudah dipastikan bebas pulsa untuk semua pelanggan IndiHome/WiFi, jadi kalian tidak perlu khawatir soal biayanya.

Untuk langkah pengaduannya lewat Telepon Indihome cukuplah mudah, berikut tutorialnya :

  1. Pertama, hubungi nomor 188
  2. Masukkan ID pelanggan saat diminta
  3. Jelaskan gangguan atau masalah yang dialami
  4. Selanjutnya, minta nomor tiket laporan
  5. Catat juga nama petugas yang menerima laporan

2. WhatsApp Resmi IndiHome

Pengaduan IndiHome

Untuk yang lebih nyaman pakai WhatsApp, IndiHome juga punya whatsapp resmi yang bisa dipakai pelanggan. 

Ada tiga No WA Pengaduan IndiHome berbeda sesuai dengan jenis pengaduannya. Berikut diantaranya :

No WhatsAppJenis Pengaduan / Layanan
0811-1191-109Keluhan terkait tagihan
0813-3535-3147Gangguan jaringan, konfirmasi perbaikan, tiket pengaduan, dan kode OTP
0811-6147-147Pertanyaan seputar layanan umum IndiHome

Sebenarnya, prosedur pengaduan IndiHome via WhatsApp bisa dilakukan dengan sangat mudah, karena WhatsApp sendiri sudah jadi alat komunikasi yang umum dipakai sehari-hari. 

Berikut untuk langkah- langkahnya :

  • Simpan nomor WhatsApp resmi IndiHome
  • Kirim pesan dengan mencantumkan nama, ID pelanggan, alamat, dan masalah
  • Ikuti instruksi yang diberikan oleh chatbot atau CS
  • Terakhir, catat nomor tiket sebagai bukti laporan

3. Aplikasi MyTelkomsel  

Layanan Pengaduan IndiHome yang selanjutnya bisa lewat Aplikasi MyTelkomsel. Namun mulai 1 Desember 2024, aplikasi MyIndiHome resmi dihentikan dan semua layanan pindah ke MyTelkomsel. 

Lewat menu Bantuan atau Veronika Asisten Virtual, kalian bisa lakukan banyak keperluan seperti, tiket pengaduan, cek tagihan, sampai pantau status laporan dengan mudah.

6. Website Resmi (Live Chat / Formulir)

Alternatif lain, pakai situs resmi IndiHome. Cukup masuk ke menu Bantuan/Pengaduan, lalu login dan isi form atau gunakan fitur live chat untuk melaporkan masalah. Praktis tanpa perlu install aplikasi.

5. Email Customer Care

Pengaduan IndiHome

Ternyata sejak dulu email sudah jadi salah satu cara utama untuk menyampaikan keluhan. untuk email resmi IndiHome sendiri adalah cs@telkomsel.com sebagai pengganti customercare@telkom.co.id

Alurnya pengaduannya cukup simpet, tinggal kirim email dengan nama, ID pelanggan, alamat, uraian masalah, dan subjek jelas. Jika ada, lampirkan bukti pendukung seperti screenshot.

6. Media Sosial Resmi

Pengaduan juga bisa dilakukan lewat media sosial resmi IndiHome. Akun resminya adalah @IndiHomeCare di Instagram, Twitter (X), dan Facebook. 

Untuk cara pengajuannya, tinggal kirim saja DM atau mention langsung dengan menyertakan detail lengkap keluhan agar cepat ditindaklanjuti.

7.  GraPARI atau Plasa Telkom

Jika pembaca lebih nyaman bertatap muka langsung, datangi saja ke GraPARI atau Plasa Telkom terdekat. Di sana kalian bisa menyampaikan keluhan secara langsung ke CS.

Jangan lupa ya bawa KTP dan ID pelanggan sebagai syarat utama. Lewat cara ini, kalian juga bisa ngobrol lebih banyak soal layanan atau solusi gangguan yang dialami.

Tips Agar Pengaduan Cepat Ditangani

Apakah ada tips-tips agar pengaduan IndiHome bisa segera ditangani? Tentu saja ada, dan sangat penting untuk kalian simak agar pengaduan bisa diproses lebih cepat :

1. Sajikan informasi lengkap dan jelas

Saat buat pengaduan ke IndiHome, berikan data selengkap mungkin. Mulai dari nama pelanggan, ID IndiHome, alamat, jenis gangguan yang dialami, sampai kapan gangguannya muncul. 

2. Simpan nomor tiket atau bukti laporan

Jangan lupa catat nomor tiket atau bukti laporan. Jadi semisal perlu follow up, tinggal berikan saja tanpa harus jelaskan dari awal.

3. Tindak lanjuti bila belum ada respon 

Jika dalam waktu 24 jam kerja, belum ada respon, langsung saja tindak lanjuti laporan kalian, agar masalah tidak berlarut dan cepat ditangani.

4. Pastikan menggunakan platform resmi

Selalu pastikan pakai platform resmi IndiHome saat membuat pengaduan dan hindari nomor atau akun yang tidak jelas agar aman dari penipuan.

Demikianlah penjelasan yang dapat disampaikan mengenai Cara Pengaduan IndiHome Cepat. Semoga dapat bermanfaat dan membantu.

Bagikan:

Tags:

Leave a Comment